5 Kue Kering yang Wajib Ada Saat Lebaran

Kue kering adalah kenangan. Pasalnya, dulu, sudah jadi tradisi keluarga untuk berkumpul bersama membuat kue kering. Bareng dengan membuat ketupat.

Biasanya, para tetangga juga bersamaan waktu membuat kuenya. Sehingga adegan saling pinjam loyang sudah biasa. Begitu pun cetakan kue.

Aku yang waktu itu masih SD suka ngerecokin. Kadang tak tahan diri mencicipi. Batal deh puasa.

Kenangan bikin kue bersama itu sudah tidak terjadi lagi sejak kue-kue kering banyak dijual di pasar. Lebih murah. Lebih efisien.

Setidaknya ada 5 kue kering yang wajib ada saat lebaran versiku. Apa saja itu?

1. Kue Nastar

Kue nastar adalah favoritku. Beberapa hari lalu istriku bilang mau beli nastar online. Aku tidak setuju. Lebaran masih jauh. Kalau sudah dibeli, sampai di rumah, 2-3 hari sudah habis saja olehku.

Nastar umumnya berisi selai nanas. Namun, ada juga variasinya yang berisi cokelat hingga selai jambu merah. Aku tidak berpindah ke lain hati. Nastar selai nanas tetap yang paling enak.

2. Kue Putri Salju

Sumber: Liputan 6

Sumber: Liputan 6

Namanya unik. Putri salju. Tanpa tujuh kurcaci.

Kue putri salju berbentuk bulan sabit. Di atasnya diselimuti gula halus seperti salju. Kue putri salju dibuat dari adonan tepung terigu, tepung maizena, mentega dan kuning telur yang dipanggang di dalam oven sampai matang. Taburkan gula halus di atasnya.

3. Kue Semprong

Sumber: Resepkoki

Sumber: Resepkoki

Nggak tahu nama resminya, tapi di Palembang disebutnya kue semprong. Bentuknya panjang seperti pipa. Berwarna cokelat. Rasanya manis dan renyah.

4. Kue Cutik Gigi

Sumber: cookpad oleh Rydha Refrida

Sumber: cookpad oleh Rydha Refrida

Tidak tahu kenapa namanya kue cutik gigi. Dilihat dari bentuknya pun terlalu besar untuk cutik gigi. Mungkin ya karena ujungnya yang runcing jadi bisa berfungsi untuk membersihkan kotoran di gigi.

Warnanya putih. Entah apa namanya di tempat kalian.

5. Kue mawar atau kue semprit

Sumber: Taste made / id.tastemade.com

Sumber: Taste made / id.tastemade.com

Nah ini menjadi job desc ku. Bikin bentukan mawar dari alatnya lalu kupanggang sendiri. Di atasnya ditaruh bola-bola cokelat.

Biasanya kue ini menjadi kue paling tidak laku saat disajikan. Tapi dengan alasan itu, kue ini jadi kue favorit setelah lebaran. Geloknya dipegang sambil mencamil kue mawar saat menonton televisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.