Air Terjun Banyumala

Air Terjun Banyumala – Air Terjun Dengan Sejuta Pesona

Mungkin, kalian penyuka pemandangan alam yang indah. Sekaligus penyuka air terjun? Nah, kali ini kami akan membahas tentang itu. Ya, keindahan Air terjun Banyumala. Banyumala sendiri terletak di sebuah Desa bernama Wanagiri, Sukasada, Buleleng, tepatnya di Bali. Meski letaknya tersembunyi, akan tetapi air terjun yang satu ini memiliki daya tarik sendiri. Boleh di bilang, air terjun Banyumala dapat bersaing dengan air terjun lainnya seperti air terjun Gitgit, dan juga air terjun Sekumpul. Meski begitu, ketiganya memang memiliki keunikan masing-masing.

Baca Juga: Air Terjun Timbulun di Talang Babungo

Air terjun Banyumala bergeser ke dasar sebuah lembah yang memiliki tiga sisi air terjun. Diantaranya, yang paling besar dan tinggi tepat berada di tengah-tengah nya. Sementara air terjun yang kecil letaknya di kanan dan kiri. Keunikan air terjun Banyumala dikarenakan terbentuknya sebuah kolam secara alami yang berada dibawahnya. Sehingga membuat pengunjung rela berlama-lama disana hanya untuk melihat Air Terjun Banyumala. Pun dengan airnya yang begitu jernih dan tenang menimbulkan perasaan tenang dan nyaman ketika berendam didalamnya.

Kejernihan air terjun Banyumala dapat menembus dasar kolam yang berada dibawahnya tadi. Hal ini jika melihatnya dari atas. Padahal, kedalaman kolam yang dimaksud mencapai sekitar 2 meter lebih. Banyumala, mampu memberikan udara yang segar serta suasana yang asri. Demikianlah yang akan kita rasakan ketika mengunjungi tempat yang satu ini. Hamparan keindahan yang diciptakan Tuhan, membentang luas. Sehingga cocok jika kalian ingin memanjakan mata.

Meskipun diameternya kurang luas, hanya sekitar 20 meter, akan tetapi kalian tak akan pernah bosan dibuatnya, sebab pemandangan disana tak akan ditemukan di tempat lainnya. Apalagi bagi kalian yang suka berselfie.

Saking jernihnya bahkan anda dapat melihat dasar kolam ini jika dilihat dari atas walaupun tempat terdalam bisa mencapai kedalaman 2 meter. Udara yang segar dan suasana yang asri akan menyambut kalian ketika sampai di air terjun ini. Hamparan keindahan akan memanjakan mata Anda sesampainya disana. Air terjun ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bermain air, mulai dari berenang atau hanya sekedar berbasah-basahan. Walaupun diameternya tidak terlalu luas yaitu sekitar 20 meter, tetapi Anda tidak akan bosan dengan pemandangan yang ada disana.

Rute menuju air terjun Banyumala, sedikit agak sulit. Parkiran menuju pos jaga berjarak kurang lebih 100 meter. Ini jika dilakukan dengan berjalan kaki. Sesampainya di pos jaga, kalian harus dibebankan tiket masuk yang menurut admin cukup murah. Hanya seharga Rp. 10.000 rupiah untuk per orangnya. Kalian harus menempuh perjalanan menurun lagi, mirip seperti tangga yang dibuat dari tanah. Tak hanya dari tanah, kalian juga akan menemukan tangga yang terbuat dari bahan kayu. Ini berfungsi untuk melintasi jalan yang bertebing. Jadi, kalian jangan ragu, sebab tangga ini cukup aman untuk dilewati.

Meskipun jalan menurunnya cukup ekstrim, kalian akan dilalaikan dengan barisan pepohonan berdaun hijau, kicauan burung-burung mungil seolah-olah menyambut kedatangan kalian dengan penuh suka cita. Meski melelahkan, akan tetapi hal ini sebanding dengan keindahan yang kita dengar dan lihat secara langsung.

Hamparan hutan nanti hijau membuat mata tak bosan-bosan memandangnya. Tak jauh dari hutan-hutan itu, kita akan melihat penampakan surga yang tersembunyi berupa air terjun yang masih alami. Arus air terjun tersebut memang tidak deras seperti air terjun yang lainnya. Namun, air terjun yang satu ini memiliki keistimewaan tersendiri. Yakni, airnya yang jatuh ke bebatuan melewati tumbuhan-tumbuhan yang menjalar.

Jika kalian pergi dari Denpasar, kalian akan menempuh perjalanan sekitar 3 jam atau lebih. Bila arah dari Bedugul, mengarah ke utara sampai kalian menemukan pertigaan Kecamatan Busung Biu dan Kota Singaraja. Tepat dari sana, putar ke sebelah kiri di jalan utama Danau Buyan dan Tamblingan. Lalu, lurus dengan mengikuti petunjuk menuju ke tempat air terjun berada. Jaraknya tempuhnya hampir 4 km. Admin menyarankan pakailah sepeda motor, sebab jika memakai sepeda motor akan mempermudah perjalanan kalian ke sana.

Nah, bagaimana? Apakah kalian tertarik mengunjungi tempat wisata yang satu ini? Rencanakanlah liburan akhir pekan anda ke tempat yang indah ini. Kalian tidak akan pernah merasa rugi, bahkan jikapun itu sampai mengeluarkan uang yang banyak. Selamat jalan, dan sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *