Belajar Fotografi Travel dan Menulis Cerita Perjalanan di Skill Academy

Bisakah traveling menghasilkan uang? Kalau pertanyaan polos seperti itu, tentu saja jawabannya, traveling justru menghabiskan uang. Namun, bagi kita yang bersedia untuk berkreativitas lebih, traveling justru bisa menghasilkan penghasilan lho.

Jangan dulu bermimpi besar kita akan mendapatkan job selayaknya para influencer yang jalan-jalannya gratis, dibayar pula. Untuk menuju ke sana, kita harus membangun citra diri dulu dengan menunjukkan berbagai skill yang kita miliki yang dapat bersinergi dengan hobi kita. Apa itu? Yak, fotografi dan menulis!

Kelas Fotografi di Skill Academy

Salah satu platform yang tepercaya sebagai situs pelatihan prakerja adalah Skill Academy. Saya pun mencoba menulis kata kunci traveling dan ternyata di sana ada dua kelas untuk belajar fotografi.

Kelas pertama, mencengangkan. Pengajarnya Nicholas Saputra! Mas Rangga itu akan mengajarkan Belajar Fotografi Travel dengan Smartphone. Ini nih pelatihan yang sangat cocok buat para traveler yang ogah megang kamera mirrorless apalagi DSLR.

Fotografi travel kan praktis banget kalau menggunakan smartphone. Di kelas ini kita akan belajar mulai dari teknik komposisi, framing, menciptakan garis yang menarik di dalam foto, hingga mengatur angle yang menarik buat foto. Bakalan seru ‘kan?

Nah, untuk dapat mengikuti kelasnya ini cukup mengeluarkan Rp250 ribu saja, didiskon dari Rp600 ribu.

Kalau sudah jago memotret, kelas lanjutannya, selain tetap belajar teknik fotografi, juga diajarkan gimana sih olah digitalnya. Nah, foto akan tampak lebih sempurna setelah disentuh dengan olah digital. Biayanya Rp675 ribu.

Kelas Menulis di Skill Academy

Lalu bagaimana dengan kelas menulisnya?

Ternyata memang belum ada kelas khusus menulis catatan perjalanan. Namun, aku temukan beberapa kelas menulis yang sepertinya cocok buat menunjang hobi kita traveling, dalam rangka menulis cerita perjalanan itu.

Pertama, ada kelas Kuasai Teknik Storytelling & Creative Writing untuk Tulisan Non-Fiksi. Kelas ini akan memaparkan gambaran mengenai penulisan kreatif, serta beberapa teknik untuk Anda bisa menulis artikel bergaya storytelling yang menarik. Dalam kelas ini, akan ada 13 video yang membahas tentang: pengenalan terhadap Storytelling dan Creative Writing, jenis tulisan yang disukai oleh pembaca, rumus untuk mengembangkan storytelling pada artikel, masalah yang umum dihadapi penulis dan cara mengatasinya, cara mengaplikasikan storytelling untuk promosi brand, hingga tips untuk mengembangkan karier menulis profesional.

Pengajarnya adalah Meutia Azzura yang merupakan salah satu Content Writer di sebuah creative agency di Jakarta, yaitu Ogilvy Indonesia. Saat ini, Ia juga aktif membuat konten untuk podcast salah satu komunitas perempuan di Jakarta.

Kedua, kelasnya Raditya Dika. Juga tentang storytelling. Di era digital, banyak orang memanfaatkan keuntungan media sosial untuk menghasilkan konten. Salah satunya adalah bercerita atau storytelling. Di kelas ini, kamu akan mempelajari gambaran lengkap tentang mengenai penulisan kreatif, baik fiksi maupun non fiksi. Di media sosial, maupun penulisan artikel di platform tertentu. Kelas ini sangat cocok untuk kamu content creator pemula, maupun penulis pemula di bidang fiksi dan non fiksi. Segera beli kelasnya, dan selamat belajar!

Beberapa kelas menulis lain juga tersedia di Skill Academy mulai yang mengkhususkan diri pada menulis konten promosi (copywriting), barangkali suatu saat kamu dilirik oleh brand kan…. hingga ke pelatihan menulis jurnalistik.

Tinggal mana yang kamu suka, dan kalau aku sih bakal cari yang promo dulu tuh, kayak kelasnya Meutia yang sedang didiskon jadi Rp215 ribu saja dari harga normal Rp825 ribu. Kayaknya kelas ini termasuk yang paling banyak diikuti karena telah mendapatkan 45 ribu lebih rating. Atau kelas jurnalistik yang hanya Rp220 ribu dari harga semula Rp925 ribu.

Ayok, segera asah kemampuan fotografi dan menulis kita dan dapatkan peluang mendapatkan uang dari hobi kita jalan-jalan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.