Bermain Yeye

Cara Bermain Yeye: Permainan Tradisional Populer bagi Anak Perempuan

Kemarin, saat dalam perjalanan bermotor, saya mengobrol sama istri, “Kok di sekolah sekarang, nggak ada ya yang bermain yeye?”

Pembicaraan itu berlanjut mengenai permainan tradisional anak yang kini sudah mulai menghilang. Seharusnya sekolah secara rutin mengenalkan berbagai permainan anak tradisional kepada para siswa. Dan salah satunya adalah permainan yeye.

Permainan yeye dulu sangat digemari anak perempuan. Yeye dibuat dari karet gelang. Ada yang berwarna merah. Ada yang berwarna kuning, Karet gelang tersebut akan dibuat menjadi seperti rantai yang sangat panjang. Biar tidak mudah putus, satu mata rantai karet gelang bisa dibuat dengan dua atau tiga karet gelang.

Salah satu variasi dari bermain yeye adalah bermain lompat tinggi. Dua orang akan memegang masing-masing ujung yeye. Levelnya mulai dari yang paling rendah, biasanya dengkul. Lalu anak-anak akan melompat tanpa boleh menyentuh yeye. Biasanya disepakat batas tidak boleh menyentuhnya sampai level pinggang. Istilahnya kalau menyentuh disebut inggit kalau di Palembang.

Level-level selanjutnya akan lebih sulit. Dan level terakhir adalah junjung. Yeye diletakkan di ujung jari tangan yang menunjuk ke atas.

Nah, menariknya dalam permainan yeye ini adalah anak yang gagal melompat akan gantian berjaga. Akan sangat sulit kalau anak yang berjaga adalah anak yang paling tinggi. Itu artinya tingkat kesulitannya akan bertambah.

Dalam permainan ini pun diajarkan tolong-menolong. Jika ada seorang anak yang mampu melompat, dan sebelum kedua kakinya menyentuh ke tanah, ia mampu meraih yeye, ia bisa merendahkan yeye tersebut agar anak-anak lain mampu menyeberangi sisi yeye itu.

Dalam variasi permainan yeye yang lompat tali ini, anak-anak lelaki juga lebih mudah membaur untuk ikut bermain. Jadi tidak pandang gender.

Baca Juga: Cara Bermain Bentengan | Permainan Tradisional Anak Indonesia

Nah, yang biasanya cukup segmented bagi anak perempuan adalah permainan yeye yang seperti bermain skipping.

Selain itu, ada juga berbagai variasi permainan yeye yang lain, yang membutuhkan gerakan-gerakan spesial. Tentu saja, aku tak bisa memainkannya karena memang susah.

One Reply to “Cara Bermain Yeye: Permainan Tradisional Populer bagi Anak Perempuan”

Leave a Reply

Your email address will not be published.