Gentao

Gentao, Permainan Rakyat dari Sumbawa

Gentao adalah salah satu permainan rakyat dari Sumbawa. Sayangnya, Gentao ini sudah jarang dimainkan.

Apa itu Gentao? Indonesia karib dengan seni bela diri. Gentao adalah seni bela diri asli khas suku Samawa dari Sumbawa. Gentao diyakini dapat menjadi perisai diri sekaligus dapat dijadikan sebagai seni pertunjukan.

Gentao pernah berkembang pesat sejak zaman kerajaan dan sering diperagakan pada acara penting. Gerakan gentao selain mengandung unsur seni akan tetapi juga memiliki makna hakiki tentang eksistensi manusia yang menghambakan diri di hadapan Tuhan. Seiring perjalanan waktu, gentao mengalami pasang surut, dan saat ini nyaris hilang dari peredaran.

Saat ini untungnya perguruan Gentao masih bisa disaksikan di Desa Labuhan Aji Kecamatan Tarano Kabupaten Sumbawa. Masih ada elemen masyarakat yang tidak ingin peninggalan luhur ini musnah, mendirikan perguruan gentao yang khusus melatih anak anak usia dini saja. Bukan tanpa alasan mengapa hanya menyasar anak usia dini saja, sebab anak pada usia dini diyakini bahwa akan lebih mudah dan cepat tertanam dengan baik gerakan-gerakan gentao itu sendiri.

Saat ini, gerakan gentao dipadukan dengan instrumen musik tradisional samawa dan untuk melestarikannya, Gentao ditawarkan untuk ditampilkan di beberapa acara seperti resepsi pernikahan, acara khitanan dan lain lain. Termasuk dalam acara-acara besar di pemerintahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.