Hompimpa alaium gambreng

Makna Hompimpa Alaium Gambreng

Hompimpa alaium gambreng, kalimat itu sering kita sebutkan untuk memulai permainan. Lalu gerakan tangan kita akan berbolak-balik seperti gelombang sebelum secara serempak memutuskan sisi telapak tangan yang hitam atau pun putih. Lalu apa makna hompimpa alaium gambreng sebenarnya?

Ada yang mengatakan bahwa ‘Hompimpa Alaium Gambreng’ ternyata berasal dari bahasa Sansekerta dan memiliki makna yang mendalam yaitu “Dari Tuhan Kembali Ke Tuhan, Mari Kita Bermain.” Hompimpa alaium gambreng juga merupakan simbol permulaan dan mencerminkan sikap musyawarah yang tinggi. 

Arti Hompimpa alaium gambreng ini juga mirip dengan Surah Al-Baqarah ayat 156 yang memiliki arti “Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah juga kami kembali.”

Lalu bagaimana sejarah Hompimpa Alaium Gambreng di Indonesia?

Hompimpa alaium gambreng menjadi populer berkat serial “Si Unyil” di stasiun TV nasional TVRI 1981-1993. Sebelum tayangan “Si Unyil”, sebenarnya tidak ada literatur sejarah yang menyebutkan secara pasti bagaimana ucapan itu lahir. Sulit untuk menelusuri asal mula kalimat hompimpa tersebut.

Yang pasti, bagi generasi 90-an, ‘Hompimpa Alaium Gambreng’ sangat populer digunakan saat anak-anak memainkan permainan tradisional seperti petak umpet, petak jongkok, hingga bentengan. Kalimat tersebut bisa dibilang menjadi kalimat “ritual” yang wajib diucapkan sebelum permainan dimulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.