Membentuk Otot Perut Agar Kuat Treking

Perutku sekarang buncit. Aku pun sedang berusaha membentuk otot perut. Targetnya sih nggak muluk-muluk harus sampe sixpack atau perut kotak-kotak bak orang-orang yang rajin nge-gym. Cukup pengen lebih rata saja deh.

membentuk otot perut

Bukan apa-apa, perut buncit itu tidak sehat. Lemak di perut menandakan kita lebih mudah kena penyakit. Apa-apa juga terasa berat. Apalagi kalau treking ke air terjun begitu. Duh, susah banget, Bro! Setiap mendaki rasanya kita seperti bawa satu tas besar di depan. Kutimbang dengan timbangan yang bisa mengestimasi berat perut. Hasilnya 14 kilogram. Sungguh mencengangkan!

Kenapa kita perlu membentuk otot perut? Pertama karena tubuh menjadi lebih stabil dan seimbang. Otot di sekitar perut seperti otot pinggul, paha, kaki, dan dada akan ikut terdampak menjadi lebih stabil begitu berhasil membentuk otot perut. Hasilnya, tubuh bisa bergerak dengan bebas ke arah manapun dengan resiko terjatuh yang lebih kecil. Lebih lincah kan buat treking. Dan yang kedua, organ-organ tubuhmu akan menjadi lebih sehat karena otot perut yang terbentuk menghasilkan postur tubuh yang lebih baik. Ini akan berdampak pada proses metabolisme, penyerapan gizi, dan pengaturan keseimbangan hormon yang lebih optimal.

Cara Membentuk Otot Perut

Bagaimana cara membentuk otot perut? Apa saya harus ke gym teratur? Olahraga apa yang cocok untuk membentuk otot perut? Pasti pertanyaan-pertanyaan seperti itu muncul di benak kita.

Ternyata, setelah kubaca-baca, yang perlu pertama kali dilakukan adalah mengatur makanan dan minuman kita. Ya, kita harus minum air putih yang cukup. Kebutuhan minimal minum air putih kita bukanlah 2 liter per hari, tetapi kalikan berat badan dengan 30 mL. Misalnya aku, beratnya 80 kg, berarti kebutuhan minimal air untuk tubuhku per hari adalah 2,4 L. Dengan minum air dengan jumlah yang cukup, otot perut akan lebih mudah terbentuk dan pembakaran lemak juga jadi lebih lancar.

Selain itu, makanan yang dikonsumsi pun harus kaya protein. Otot bisa dibentuk dengan mengkonsumsi makanan kaya protein. Yang dibakar ketika berlatih adalah lemak, sehingga tidak perlu takut jika asupan protein dikonsumsi dalam jumlah banyak. Protein justru memperbaiki dan membangun kembali jaringan otot pasca olahraga. Konsumsi makanan berserat berfungsi untuk mempercepat pengikisan lemak dari perut sehingga otot dapat terbentuk.

Selain itu kita juga harus menghindari lemak. Lemak banyak dari makanan berminyak atau junk food. Jadi nbiar nggak sia-sia bila kita berolahraga, kurangi makanan berlemak ini.

Nah setelah ngomongin pola makan dan minum ini barulah kita bicara soal olahraga apa sih yang tepat untuk membentuk otot perut?

 Crunch

Crunch mengutamakan nafas dan gerakan sebagai titik fokusnya. Cara membentuk otot perut ini dimulai dengan meletakkan telapak tangan di belakang kepala, tekuk lutut membentuk sudut 90 derajat, dan angkat badan sebatas dada saja. Variasi atau perpaduan dapat menjadi pilihan seperti bicycle crunchcross/crossover crunchreverse crunch, dan spiderman plank crunch.

Plank

Plank adalah gerakan paling sederhana namun tetap melelahkan. Caranya adalah dengan memposisikan tubuh menghadap lantai dan menjadikan siku sebagai tumpuan. Posisi ini dijaga untuk tetap lurus selama 1-2 menit dan dilakukan secara rutin.

Leg Raise

Latihan yang berfokus pada bagian tengah dan bawah perut ini dilakukan dengan berbaring di atas matras dan mengangkat kaki dengan posisi naik ke atas. Kemudian, naikkan pinggul ke atas sebanyak 15 repetisi tiap setnya.

Sit Up

Latihan membentuk otot perut pasti selalu dikaitkan dengan sit up. Posisinya relatif sama seperti crunch, hanya bedanya kaki ditekuk menyentuh lantai. Kemudian, kepala diangkat hingga menyentuh bagian kaki dan diulang sebanyak 15 repetisi tiap setnya.

Swiss-ball Roll Out

Latihan yang terakhir adalah swiss-ball roll out. Mirip seperti menggunakan abs roller, caranya adalah dengan berlutut di atas matras dan tangan memegang bola stabilitas. Lalu, bola digulungkan sejauh mungkin sambil tetap menjaga punggung tetap lurus dan menahan perut hingga kembali ke posisi awal. Lakukan hingga 10 repetisi tiap setnya.

Dengan mengikuti pola makan dan minum dan latihan cara membentuk otot perut di atas, kita sudah siap untuk mendapatkan bentuk otot perut yang six pack yang kamu impikan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *