Kopi Sumbawa

Mengenal Kopi Sumbawa

Tradisi kopi kental di seluruh nusantara. Tak terkecuali di Sumbawa. Dalam tulisan ini saya mencoba mengenal kopi Sumbawa yang rasanya dianggap bersaing dengan jenis kopi lain.

Salah satunya Kopi Punik. Kopi Punik dianggap sebagai kopi dari Sumbawa yang terbaik, berasal dari Desa Punik, Kecamatan Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa. Itulah mengapa disebut kopi Punik Sumbawa.

Kopi Punik bercita rasa fuity, pahit dan gurih. Kopi Punik tampil dengan berbagai pilihan rasa: sitrus, melon, cokelat atau moka, dan karamel atau gula merah. Cita rasa kopi Punik didapat dari asal tumbuhnya. Ia ditanam di ketinggian 1.200 meter di atas pemukaan laut. Faktor ketinggian bisa berpengaruh, karena meskipun ditanam di desa yang sama, faktor ketinggian kebun kopi mempengaruhi cita rasa. Fenomena tersebut merupakan hasil uji yang pernah dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2018.

Kopi khas Sumbawa yang tak kalah terkenal adalah Kopi Tepal. Kopi ini berasal dari Desa Tepal, Kecamatan Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa Kopi Tepal Sumbawa jenis Robusta dan Arabika ternyata memiliki keunikan dan keunggulan jika dibandingkan dengan kopi di daerah lain, bahkan kopi yang terkenal sekalipun, seperti kopi Aceh. Sebab Kopi Tepal khusus jenis Arabika memiliki tingkat keasaman yang rendah. 

Nah, bila kamu suka dengan kopi olahan, silakan pula cicipi Kopi Rempah Sumbawa. Kopi dan rempah bersatu. Robusta bercampur dengan Cabe Jawa, Jahe, Kapulaga, Cengkeh, Kayu Manis,dan Pala.

Leave a Reply

Your email address will not be published.