Cughup Embun

Misteri Air Terjun Cughup Embun di Pagaralam

Kalau kamu main ke Sumatra Selatan, pastikan mengunjungi air terjun Cughup Embun di Pagaralam. Ya meski cukup jauh dari Kota Palembang, Pagaralam adalah destinasi wisata yang luar biasa indah. Udara dingin yang ramah, kebun teh yang mempesona, dan banyak air terjun berada di sana. Salah satunya Cughup Embun.

Baca Dulu: Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang

Cughup Embun berada di Desa Pematang Bango, kaki Gunung Dempo, Pagaralam. Dari Kota Palembang menuju ke lokasi memakan waktu sekitar 8 jam perjalanan darat melewati Kabupaten Prabumulih dan Lahat. Namun kini sudah ada jasa penerbangan lokal yang melayani rute Palembang-Pagaralam, sehingga jarak tersebut bisa dicapai dalam waktu tidak lebih dari setengah jam.

Dari pusat Kota Pagaralam menuju ke Curug Embun hanya menempuh jarak sekitar 2 km atau menghabiskan waktu tak sampai 15 menit. Dan untuk menuju ke Cughup Embun tersebut, kita hanya perlu meniti anak tangga tak seberapa banyak. 5-10 menit saja, kita sudah bisa mencapai air terjun dari pintu masuk. Untuk harga tiketnya per orang Rp5.000.

 Cughup Embun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Dinamai Cughup Embun karena saat jatuhan air turun, titik-titik air tersebut banyak yang terurai atau terbawa angin sehingga berubah menjadi seperti embun.

Jika ingin berlibur ke Cughup Embun, dalam musim penghujan pun relatif aman karena rutenya tidak membahayakan. Bahkan debit air yang deras mampu membuat pesona air terjun ini keluar dengan jatuhan air yang bercabang-cabang. Saat kami ke sana, jatuhan air hanya memiliki dua cabang, tetapi sudah sangat indah. Di bawahnya ada kolam untuk berenang. Sayangnya, kolam ini memiliki dasar tanah dengan dedaunan yang membusuk sehingga mudah keruh ketika kaki kita menjejaknya.

Curug Embun ini dikelola swadaya oleh masyarakat setempat. Di bawah sayangnya, fasilitas belum memadai. Alias tidak ada apa-apa. Jadi kalau kebelet ke toilet, ya harus naik dulu ke atas, kurang lebih 100 anak tangga.

Meski sampai saat ini saya belum menemukan cerita misteri Cughup Embun, namanya berada di alam kita tetap harus menghormati alam dengan berperilaku baik. Terutama tidak boleh membuang sampah sembarangan dan bertindak asusila. Kalau kalian ada yang tahu cerita misteri Cughup Embun, boleh ya kasih komentar di bawah ini. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.