aplikasi blu by bca digital

Rencanakan Tabungan Traveling dengan Aplikasi blu by BCA Digital

Traveling sudah jadi kebutuhanku yang harus direncanakan dengan baik. Tentu saja, untuk bisa jalan-jalan, aku butuh biaya dan sayangnya aku bukan orang kaya yang punya banyak uang yang bisa bebas finansial memutuskan jalan ke mana, kapan, sesukanya. Karena itu, aku secara khusus mengalokasikan dana untuk traveling itu. Dan alhamdulillah, nanti aku bisa rencanakan tabungan traveling dengan aplikasi blu by BCA Digital.

Sebelumnya, yuk kita kenalan dengan blu, mana tahu ada yang salah sangka mengira BLU ini adalah Badan Layanan Umum milik Pemerintah. Bukan dong, ini blu dari BCA Digital.

BCA Digital sendiri adalah anak perusahaan BCA dan termasuk dari bagian BCA Grup. 

Aplikasi blu by BCA Digital ini baru saja diluncurkan. Aplikasi ini membuktikan sekali lagi keseriusan BCA dalam menggarap bank digital di Indonesia. Sejak akuisisi PT Bank Royal Indonesia oleh PT Bank Central Asia Tbk pada 2019 silam, resmi berganti nama menjadi PT Bank Digital BCA pada tahun 2020, akhirnya aplikasinya sudah resmi dirilis kemarin, 2 Juli 2021. Bernama blu, aplikasi blu by BCA Digital ini bisa dengan mudah mendapatkan hati para milenial dan Gen Z.

BCA Digital sendiri adalah anak perusahaan BCA dan termasuk dari bagian BCA Grup. Bedanya dengan BCA, blu by BCA Digital hadir sebagai ekosistem bank digital tanpa kantor cabang (branchless) dan dapat diakses dari mana saja, kapan saja sedangkan BCA memiliki kantor cabang. Untuk BCA Digital sendiri, hampir secara keseluruhan pelayanan perbankan diberikan secara online via aplikasi, mulai dari informasi produk, layanan keluhan nasabah dan seluruh aktivitas perbankan dilakukan secara online. Aplikasi blu juga terintegrasi dengan semua infrastruktur digital yang dimiliki oleh BCA, seperti call center dan jaringan ATM. BCA Digital memiliki biaya operasional jauh lebih murah dibandingkan bank konvensional. Dan melalui blu, BCA Digital menawarkan pengalaman perbankan yang optimal dan menyenangkan — termasuk dengan tampilan yang lebih fresh untuk menjawab kebutuhan generasi muda yang terbiasa bertransaksi secara digital. Aplikasi blu dibangun untuk menjadi next-generation bank yang memberikan kendali lebih bagi setiap nasabah dalam mengatur keuangan mereka

BCA Digital juga terus mengembangkan infrastruktur ekosistem digital blu yang terintegrasi dan mendukung keamanan serta kenyamanan operasional nasabah dalam bertransaksi. Buktinya, saya dengan sangat mudah bisa membuka rekening bluAccount hanya dalam waktu beberapa menit saja dari rumah.  Ya, di masa yang semuanya serba digital dan apalagi sedang berada di masa pandemi, konektivitas yang luas dan lancar merupakan sebuah kewajiban. Ekosistem digital blu yang terbangun dengan baik dapat memberi kemudahan dalam berbagai macam transaksi dan pemantauan keuangan dimana saja dan kapan saja. #blubuatbaik kan? 

Ekosistem digital blu

Pendaftaran Aplikasi blu by BCA Digital

Sebelum review aplikasi blu, terlebih dahulu kita perlu tahu bagaimana cara pendaftaran aplikasi blu by BCA Digital? Sebagai langkah awal penggunaan aplikasi tersebut, kita diharuskan untuk mendaftarkan diri menggunakan nomor telepon. Tentu saja ada beberapa syarat yang perlu kita penuhi seperti, usia minimal 17 tahun, punya E-KTP, warga negara Indonesia, dan tidak memiliki kewajiban pajak di negara lain.

Hal-hal yang perlu disiapkan adalah beberapa data penting seperti E-KTP, NPWP (opsional), dan koneksi internet yang lancar. Nantinya akan ada kode OTP yang dikirim melalui SMS ke nomor yang sudah kita daftarkan tadi. Setelah itu, kita bisa langsung isi email dan kode referal atau voucher (jika ada). 

Langkah selanjutnya, aplikasi mengharuskan kamu membuat password akun blu by BCA Digital dengan kriteria minimal 8 karakter, simbol, angka, dan huruf besar & huruf kecil. Hati-hati jangan sampai lupa passwordnya ya. Lalu kita bisa langsung mengunggah beberapa data pribadi seperti Foto E-KTP, Foto Selfie, dan Foto NPWP (opsional). Fotonya di tempat yang terang ya biar langsung terbaca data-datanya.

Dan tentu saja kita bisa mengisi data-data pribadi lainnya mulai dari alamat domisili, alamat kantor, hingga jumlah penghasilan. Nah, dalam pengisian data tersebut juga akan ada opsi tujuan pembukaan rekening bank digital blu by BCA Digital seperti berinvestasi, bertransaksi, atau menabung. Kalau aku sih selain untuk bertransaksi (karena banyak rekan kerjaku memakai BCA), pasti tujuannya untuk tabungan traveling. Kalau semuanya sudah selesai, maka sekarang kamu harus melakukan video call dengan tim haloblu untuk bisa membuka rekening bank digital.

Proses video call ini berlangsung dengan lancar. Tim haloblu sangat ramah melayani untuk mengonfirmasi beberapa data yang sudah kita isi. Setelah video call dilakukan, kita akan menunggu rekening kita aktif paling lambat dalam waktu 1 x 24 jam. Namun nyatanya hanya beberapa menit sudah aktif. Yang patut diperhatikan adalah waktu pendaftaran ini jangan di atas jam 10 malam ya.

review aplikasi blu

Tampilan blu simpel banget kan dengan tiga jajaran menu utama (Tracker, Home, dan Simpanan) serta satu floating menu khusus untuk keperluan transaksi nasabah.

Review jujur aplikasi blu dari sisi pendaftaran menurut saya adalah mudah banget. Serius. Rekening saya sudah jadi dalam waktu singkat, tinggal nanti gimana mengisinya.

Keunggulan Administrasi blu by BCA Digital

Ada beberapa keunggulan terkait administrasi dari blu by BCA Digital, yaitu:

1. Saldo maksimal tidak diberlakukan

2. Bebas biaya administrasi per bulan

3. Tidak ada kartu ATM atau debit

Lalu kalau proses aktivitasi sudah selesai, maka kamu harus menunggu kurang lebih selama 1 jam untuk bisa mulai menjalankan fitur-fitur di aplikasi blu by BCA Digital.

Menu Utama aplikasi blu by BCA Digital

Dalam aplikasi bank digital pesaing Jenius ini terdapat tiga menu utama yaitu bluSaving, bluGether, dan bluDeposit. bluSaving dapat  digunakan untuk kamu yang memiliki rencana menabung untuk berbagai macam keperluan masa depan dengan 10 rekening tabungan. Lalu bluGether dapat dijadikan sebagai tabungan dengan fungsi tabungan bendahara bersama dengan pengguna blu by BCA Digital lainnya. Dan bluDeposit dapat dipakai untuk kamu yang ingin membuka deposito secara mudah dan ringkas.

Fitur-fitur aplikasi blu by BCA Digital

Untuk keberagaman fiturnya sendiri tercatat ada 5 fitur yang mampu membantu para penggunanya, sebagai berikut:

1. Transfer

Fitur yang satu ini akan membuat kamu sebagai pengguna blu by BCA Digital bisa melakukan transfer uang ke nomor rekening lain.

Pihak aplikasi juga akan menawarkan biaya transfer gratis selama 20 kali transaksi selama 2 bulan.

2. Bayar/Beli

Berikutnya ada fitur Bayar/Beli yang bisa dipakai untuk kamu yang ingin membayar sejumlah tagihan atau membeli produk.

Tercatat ada pembelian pulsa, paket data, tagihan pascabayar, dan TV kabel.

Nah, update terbaru, saat ini blu sudah bermitra dengan blibli.com salah satu platform e-commerce. Pada 22 Juli lalu aku berkesempatan untuk menghadiri launching kerjasama blibli X blu ini secara virtual melalui Zoom Meeting. Acara ini dinamakan #ItsBluDay. Di situ aku baru mengerti makna #blubuatbaik yang ternyata program jangka panjang untuk keseimbangan lingkungan yang dilakukan oleh blu.

Nah, blibli adalah exclusive partner blu yang pertama dalam merealisasikan platform berbasis ekosistem digital blu. CEO PT Bank Digital BCA Ibu Lanny Budiati mengatakan blu menggaet blibli karena keduanya berpegang pada nilai yang sama dalam menjalani bisnis masing-masing dan juga konsisten dalam melayani konsumen. Target market yang serupa yaitu Digital Savvy, dan selalu berinovasi memberikan yang terbaik.

Transaksi di blibli melalui blu juga sangat mudah, praktis, dan cepat. Leway fitur in-app payment nantinya bisa dimanfaatkan untuk check out keranjang blibli. Terus blu juga ada fitur QRIS yang bisa digunakan untuk transaksi di mana saja dan kapan saja. Nah, dalam rangka ulang tahun blibli yang ke 10 bulan Agustus nanti, kamu bisa menikmati diskon hingga 50% untuk pelanggan baru blibli dengan bertransaksi melalui blu.

Berikut adalah cara bertransaksi pakai blu di Applikasi Blibli. Banyak keunggulan blu kalau sudah kamu hubungkan dengan akun Blibli. Yuk, bikin akun blu sekarang juga untuk nikmati kemudahan transaksi setiap hari!

3. Top Up E-Money

blu by BCA Digital juga dapat digunakan sebagai aplikasi top up dompet digital.

Sejauh ini terlihat baru ada dua dompet digital yang bisa diisi melalui blu by BCA Digital yaitu Gopay dan OVO.

Kemungkinan besar dalam beberapa waktu ke depan, layanan tersebut akan ditambah, mengingat jumlah dompet digital di Indonesia cukup beragam.

4. Bayar Pakai QR

Kemudian ada fitur Bayar Pakai QR yang menandakan bahwa aplikasi blu by BCA Digital sudah terintegrasi dengan QRIS.

Jadi kamu bisa berbelanja dengan membayarnya menggunakan QR yang ada di aplikasi tersebut.

5. Tarik Tunai

Terakhir ada fitur Tarik Tunai yang bisa kamu lakukan dengan dari aplikasi blu by BCA Digital ke ATM BCA terdekat.

Menariknya, BCA tidak akan meminta biaya admin pada setiap transaksi tarik tunai yang dilakukan.

Demikianlah review aplikasi blu. Tentu saja blu akan terus berinovasi dan mengembangkan diri agar aplikasi blu menjadi lebih baik karena #blubuatbaik . Semoga review jujur aplikasi blu ini bermanfaat, ya.

Setelah baca artikel ini, apakah kamu juga tertarik untuk ikutan buka rekening blu? Kamu bisa download aplikasi blu di Play Store atau App Store untuk merasakan manfaat dalam ekosistem digital blu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *