Sumur Abadi di Selodingin

Sumur abadi di Selodingin konon tak pernah kering. SELODINGIN adalah nama sebuah dusun di atas pegunungan. Tepatnya, Selodingin merupakan salah satu dusun di kawasan Desa Siwalan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Nah, Selodingin menyimpan sebuah sumur yg tak pernah kering walau kemarau berkepanjangan. Konon, sumur itu dibuat oleh seorang wali yaitu Sunan Kalijaga dan santrinya. Menurut warga sekitar, setahun sekali muncul ikan gabus yg berantinng-anting. Di situ juga ada larangan menyalakan dupa/kemenyan.

Sejarah Selodingin

Sejarah Dusun Selodingin sangat berkaitan erat dengan sebuah perjalanan dan perkembangan agama islam di masa lalu. Banyak versi mengenai asal-usul Selodingin dan makna nama Selodingin itu sendiri. Salah satunya mengatakan bahwa dulunya nama Selodingin yang sebenarnya adalah Siloringin. Hal tersebut terjadi karena  masyarakat lebih mudah menyebutnya dengan Selodingin. Siloringin berasal dari kata “Silo” dan “Ringin”, dan menurut warga sekitar kata Silo artinya adalah Bersila yang dalam hal ini adalah melakukan peristirahatan dari perjalan panjang yang ditempuh. Sedangkan kata Ringin disini artinya adalah pohon beringin. Dengan demikian maka makna kata Siloringin adalah sebuah aktivitas peristirahatan dari sebuah perjalanan yang panjang dan dilakukan di bawah pohon beringin. Selanjutnya, tokoh yang melakukan perjalanan tersebut adalah Sunan Kalijaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *