Keberadaan Bage Samawa banyak ditemui di Pulau Sumbawa. Nama lainnya adalah pohon Asam, atau ilmiahnya, Tamarindus Indica. Saking banyaknya pohon ini, soal rasa pun, lidah Sumbawa sukanya yang asam-asam.

Di samping memiliki banyak manfaat, pohon ini jugalah yang mempercantik alam Sumbawa hingga di beberapa titik, terutama di dekat pantai, kesannya terasa magis. Buahnya sering mengisi bagasi-bagasi bus antar provinsi karena banyaknya permintaan paket kiriman dari Jawa, Bali dan Lombok, baik itu dari rekan-rekan luar daerah yang sudah mengenal manfaatnya, kerabat hingga anak-anak kost yang tidak bisa jauh dari Sepat Bage.

Biji buahnya telah mengukir banyak kenangan pada generasi 90-an, karena dengan mengunyah biji tersebut kita bisa buktikan gigi siapa yang paling kuat. Generasi zaman sekarang mungkin kurang pengalaman dalam hal ini 😁

Tamarindus Indica atau Bage Samawa adalah vegetasi yang harus dilestarikan karena itu menjadi salah satu identitas pulau Sumbawa. Ah kamu, sudah pernah merasakan minuman sirup Tamarin dicampur madu Sumbawa?

Credit: Cerca Trova

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *